Jungkatan

lalijungkatans

Jungkatan

Tahukah anda, jungkatan atau bahasa Indonesianya sisiran, adalah budaya, budi dan daya warisan leluhur umat manusia dalam rangka pemenuhan hasrat untuk memperindah rambut dengan menatanya dengan sebuah alat berupa keping an kayu, logam, atau plastik bergerigi rapat yang disebut jungkat alias sisir.

Banyak sekali macam ragam jungkat atau sisir, dari segi bahan dari yang berasal dari kayu, plastik, logam dan material modern atau etnik lainnya. Dari bentuk yang sederhana hingga bentuk yang berteknologi tinggi. Atau dilihat dari hasil karya manual ataupun mesin, hingga jenis variasi tingkat kerapatan gerigi yang rapat hingga renggang menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan penggunanya.

Sculptured_Comb_in_Ivory_of_the_Sixteenth_Century_Sauvageot_Collection

seperti gambar di atas salah satunya, contoh sisir (mengambil dari wikipedia) yang berasal dari ukiran gading gajah hasil karya yang kecerdasan manusia pada abad 16 (Koleksi Sauvageot)

konde

Di jawa budaya jungkatan lampau seperti kaum wanita yang berrambut panjang dan gelungan (konde) tidak bisa lepas dari aktifitas yang bernama jungkatan, sebuah syarat mutlak penunjang keindahan rambut supaya tampak rapi dan indah. Toh tidak hanya kaum wanita, kaum pria pun tak lepas dari hal kecil dan sederhana yang bernama jungkatan ini.

Sudagkah kita jungkatan hari ini – jangan lalijungkatan

Advertisements

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.