Manfaat Beeswax atau Lilin Lebah Untuk Rambut

lalijungkatans

Lilin lebah merupakan lilin yang terbuat dari sarang lebah, otomatis yang membuat adalah lebah (baik disadari ataupun tidak oleh si lebah, wkwkwkwk). Lilin lebah yang langsung diambil dari sarang lebah berwarna kuning, jika lilin lebah telah mengalami proses penyaringan bisa didapatkan lilin yang bersih dan berwarna putih. Namun ada juga lilin lebah yang telah dicampur alkohol dan itu namanya lilin mutlak.

Seperti apa wujud lilin lebah tersebut, salah satunya (ambil gambar dari google adaleh seperti di bawah ini),

images

kurang lebih seperti itulah wujudnya si lilin lebah.

Kemudian, apa manfaat lilin lebah untuk rambut? Salah satunya nih fungsi lilin lebah merangsang pertumbuhan rambut baik membantu rambut untuk lebih tebal secara volume salah satunya.Yang namanya lilin jika sudah digunakan ke rambut bisa berfungsi juga mengkilapkan rambut, efek kakunya membantu rambut untuk lebih mudah diatur dan fungsi lainnya juga melindungi rambut dari sinar matahari secara langsung.

Itulah mengapa beberapa varian minyak rambut atau pomade ada yang menggunakan bahan dasar beeswax atau lilin lebah tersebut karena beeswax ini mampu mempertahankan rambut tetap kaku dan tertata rapi sampai beberapa hari, meskipun memerlukan sedikit penanganan ekstra untuk membersihkan nya dengan keramas yang kadang-kadang tidak cukup hanya sekali keramas saja untuk mendapatkan hasil rambut yang benar-benar bersih dari efek pomade tersebut (umum lah seperti layaknya real pomade, yang non beeswax pun kurang lebih juga begitu).

Nah, dari segi manfaat kita bisa mendapatkan manfaat dari beeswax. Dari sisi gaya kita juga bisa dapatkan dari beeswax. Saatnya bergaya penuh manfaat kalo begitu. Selamat Mencoba.

lalijungky

Advertisements

11 thoughts on “Manfaat Beeswax atau Lilin Lebah Untuk Rambut

    • tingkatan grade otomatis akan berimbas ke koreksi harga….yang biasa lebih murah tentunya……sebenarnya keduanya bisa digunakan untuk membuat pomade….hanya saja beeswax yang grade kosmetik akan memiliki konsistensi yang lebih bagus jika dibandingkan dengan yang biasa karena sudah dilakukan penyaringan/lebih bersih (kadang yang natural bisa tidak konsisten) konsisten dalam hal ini adalah : katakanlah jika dalam produk masal pembuat pomade dengan yang natural untuk masing 2 batch bisa berbeda karakter hasil (meskipun dalam pembuatan nya sudah mengikuti aturan komposisi presentase bahan yang sama. varian ada banyak wax. jadi untuk pilihan wax….kembali ke user..untuk konsumsi pribadi wax grade kosmetik mungkin lebih safe…kecuali suka yang natural…bisa juga. atau alternatif pilihan wax yang lain bisa menggunakan micro wax (lebih murah 3-4 kali lipat jika dibandingkan wax natural) atau bisa juga menggunakan vegetable wax seperti soy wax atau palm wax. Lebih lagi kalau mau back to classis bisa juga menggunakan parafin wax. Selamat mencoba

      Like

    • sepanjang sepengetahuan saya..palm wax masuk dalam kelas vegetable wax..jadi secara logika lebih aman daripada menggunakan wax yang berbahan minyak seperti parafin wax….sejauh saya pernah membeli dan menggunakan palm wax…ukuran butir sangan lembut dibawah ukuran butiran gula pasir halus dan berwarna putih bersih…karena palm wax tidak bisa dihasilkan secara natural layaknya beeswax dimana kebanyakan brewer menggunakan nya….dan pada hasil olahan untuk pembuatan pomade….akan tampak jelas tekstur butiran dari palm wax masih kental terasa bila dibandingkan dengan beeswax…..istilah aman sebenarnya semua bersifat kondisional…kosmetik brand ternama pun sebenarnya menggunakan salah satu atau beberapa bahan dasar yang sama yang kadang bisa memberikan efek jangka panjang yang kurang baik untuk rambut….hanya saja kelebihan mereka telah lolos uji sertifikasi untuk digunakan.

      Like

    • Untuk pembuatan pomade, bahan padatan/wax (solid) bisa menggunakan lilin lebah, microcrystallin wax, refined beeswax (beeswax putih). atau bisa juga campuran lilin lebah dan micro wax. Bahkan tanpa menggunakan wax pun bisa (light pomade). Semua menyesuaikan dengan keinginan dan jenis daya set pomade yang akan dibuat.

      Like

  1. Selamat Pagi Mas, Mau Bertanya Mas. Saya Membuat Pomade Di Rumah Dan Saya Pake Sendiri Dirumah, Dan Bahan2 Tergolong Natural Dari: Beeswax, Vaselin, Mineral Oil. Setelah Saya Tuangkan Di Wadah Dan Sudah Sudah Dingin Colek”an Nya Kok Keras Sekali Ya Mas. Yang Saya Peertanyakan Apakah Ada Yang Kurang Dari Segi Bahannya Mas? Terimakasih

    Like

    • ada 2 fungsi secara garis besar mas, menilik dari fungsi manfaat guna rambut dan fungsi untuk mendapatkan tekstur pencolekan yang lebih manusiawi pada hasil akhir sebuah pomade (terutama castor oil), karena castor oil memiliki kekentalan yang lebih di atas minyak yang lain (kemiri, vco, zaitun misalnya)

      Like

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s