Cara Membuat Pomade Sendiri (Petrol Base)

lalijungkatan

CARA MEMBUAT POMADE

Sebenarnya membuat POMADE hampir bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak perlu menjadi ahli kecantikan, gak perlu menjadi seorang hair stylist, ahli kimia dan sebagainya,semua lepas dari yang namanya embel-embel jabatan kompetensi (apalagi di jaman sekarang dimana media informasi mudah didapatkan dengan bantuan media internet salah satunya). Dan di internet pun sebenarnya banyak artikel cara membuat pomade (ada beberapa yang penulis sajikan dalam link blog lalijungkatan) bahkan ada juga video tutorialnya yang bisa kita jumpai di Youtube.

Yang diperlukan adalah niat, ketrampilan, tekun melakukan ujicoba. Hanya saja yang akan membedakan adalah sentuhan seni, kreatifitas dan kemampuan melakukan kombinasi komposisi yang pas untuk mendapatkan hasil akhir sebuah pomade yang bagus.

PETROL BASE POMADE

Petrol base pomade, mengapa dikategorikan demikian karena salah satu bahan dasarnya berupa material yang terbuat dari hidrokarbon berupa petroleum jelly/petrolatum salah satunya, cek Wikipedia untuk lebih jelasnya mengenai petroleum jelly.

Karena namanya juga pomade, pasti kurang lebih akan berbentuk padat (beraneka ragam tingkat kepadatannya), dan salah satu komponen yang digunakan untuk membantu membuatnya lebih padatΒ  adalah ‘wax’ atau lilin, bisa lilin lebah alami, lilin yang terbuat dari bahan hidrokarbon juga ada, lilin sawit, lilin kedelai (vegetable wax) dan macam-macam produk lilin sebenarnya yang bisa digunakan untuk membuat nya. (kategori umum bisa dikatakan lilin natural dan non natural kurang lebihnya).

Banyak sedikitnya jumlah lilin inilah yang menjadi ‘salah satu‘ faktor penentu hasil akhir tingkat kekerasan sebuah pomade (hard, medium, soft).

Mengenai campuran lain seperti minyak esensial, minyak aroma atau bahan parfum dan minyak lainnya hanyalah sebuah variasi tambahan untuk mendapatkan hasil pomade yang diinginkan dengan selera si pembuatnya.

Persiapan Pembuatan

Persiapan Alat

– Double Boiler

– Kompor

– Sendok Takar

– Hand Mixer

– Kaleng atau pot krim untuk media hasil akhir pembuatan pomade

Persiapan Bahan

– Lilin/wax

– Minyak Esensial

– Minyak Aroma

– Petrolatum

– Pewarna Lilin (opsional)

Langkah Pembuatan Secara Umum

1. Siapkan Double Boiler dan panaskan di atas kompor

2. Masukkan Lilin ke dalam double boiler hingga mencair/meleleh

3. Jika memang menginginkan pewarna lilin (masukkan dulu pewarna sebelum bahan yang lain) supaya menghasilkan pencampuran warna yang optimal pada lilin. (jika tidak perlu pewarna, lewati langkah ini)

4. Masukka petrolatum (kuantitas sesuai dengan kreatifitas uji coba yang dikehendaki)

4. Kemudian masukkan minyak esensial dan minyak aroma yang diinginkan untuk mendapatkan hasil akhir pomade yang memiliki tingkat kekerasan dan aroma yang telah direncanakan.

5. Aduk beberapa menit sampai merata dengan hand mixer sampai merata semua campuran komposisi.

6. Setelah dirasa tercampur semuanya dan merata, bisa dipindahkan ke pot krim/kaleng atau media apapun yang sekiranya dirasa pas sebagai tempat pendinginan hasil pembuatan pomada tersebut.

7. Tunggu beberapa waktu sampai pomade membeku dengan sendirinya

8. Selesai dan selamat mencoba hasil karya nya.

Umumnya tingkat kekerasan sebuah hasil akhir pomade akan berbanding terbalik dengan tingkat kilau yang dihasilkan, semakin keras pomade, kilau akan kalah dan begitu juga sebaliknya. Jenis lilin yang digunakan dalam pembuatan pomade juga akan mempengaruhi hasil akhir dari sebuah pomade itu sendiri, dari tekstur, kelembutan, tingkat colekan/scoop, tingkat kekerasan dan tingkat kilau. Jadi semacam teori probabilitas disini sangat berlaku untuk mendapatkan sebuah hasil akhir sebuah pomade yang bisa dikatakan pas (pas colekan nya, aromanya, pas hasil aplikasinya di rambut dll).

Penutup

Disini penulis hanya mencoba untuk menjabarkan secara garis besar cara pembuatan pomade yang berbasis petrol, mengapa tidak detail? karena detail akan kembali ke selera masing-masing dan berani melakukan eksperimen dengan melakukan uji presentase komposisi masing-masing bahan pembuat pomade, komposisi antara lilin dengan minyak, lilin jensi apa yang digunakan, minyak apa yang dipakai dan sebagainya.

Salam Klimis #klimiskagemsedanten @lalijungkatan

lalijungky1

 

152 thoughts on “Cara Membuat Pomade Sendiri (Petrol Base)

    • mungkin sedikit jawaban dalam konteks bahasan membuat pomade bahwa essential oil vs fragrance oil adalah berbeda dalam prosentase nya. untuk esensial oil meskipun secara alami sudah memiliki aroma bawaan (castor, coconut dll) namun bukan berfungsi sebagai minyak aroma, lebih ke fungsi sebagai campuran utama beeswax untuk toleraansi penentuan tingkat kekerasan hasil akhir sebuah pomade apakah akan di bawa ke tingkat hold macam apa. pada umumnya minyak aroma hanya digunakan sebagai pengharum konsentrasi pomade (dalam campuran 1 kg beeswax biasanya menggunakan maksimal 7% dari berat beeswax) cukup 70 ml minyak aroma untuk 1 kg beeswax.

      Like

  1. Gan, mau tanya petrolatum itu apa ya? Minyak apa tuh? Beeswax ane tau, esensial oil, parpum n lilin vegetable ane tau… hehehe petrolatum itu dpt dimana belinya? Thx gan… πŸ™‚

    Like

  2. Hot,saya mau nanya.tulisan di atas kan siapkan double boiler di atas kompor dan panaskan.itu double boilernya di kasih air apa ngga?

    Like

    • Sederhananya, mekanisme double boiler adalah memanaskan materi dengan media cair (dalam konteks bahasan di atas). Bisa Gunakan panci besar diisi air sepertiga panaskan di atas kompor, kemudian masukkan panci kecil ke dalam panci besar yang terisi air tersebut. Masukkan bahan dalam panci kecil, supaya bahan terpanaskan oleh panasnya air tersebut. Kurang lebih begitu teknik sederhananya, sangat mudah saj dan selamat mencoba.

      Like

    • minyak wangi….banyak sekali pilihan alternatif untuk mencari minyak wangi…..
      1. minyak wangi bisa berupa minyak bibit atau minyak destilasi yang masih berupa pure oil tanpa ada campuran air atau alkohol sehingga memudahkan dalam mencampurnya dalam formulasi pembuatan pomade (karena fitrah pomade memang tidak jauh dari oil dan sejenisnya tanpa kehadiran air).
      2. Berikut sedikit tambahan informasi dari blog sahabat
      Pada hakikatnya, Parfum (Perfume) adalah sesuatu yang memiliki aroma. Jadi Parfum itu sendiri bisa berarti 2 hal, yaitu Produk Jadi Parfum Badan dan Bahan Bakunya. Fragrance juga sama halnya dengan Parfum, merupakan sesuatu yang memiliki aroma dan bisa berarti Produk Jadi Parfum Badan maupun Bahan Bakunya.

      Di Indonesia, entah dimulai oleh siapa dan kapan mulainya, tercipta nama Bibit Parfum dan Biang Parfum. Bibit/Biang Parfum ditujukan sebagai bahan baku semua parfum dalam konsentrasi aroma yang pekat. Oleh karena sudah mendarah daging, susah untuk mengubahnya dan sekaligus terima kasih telah memudahkan orang untuk membedakan antara produk jadi (parfum, fragrance, minyak wangi) dengan bahan bakunya.

      Sekedar penjelasan. Di dunia internasional pun, terjadi banyak kebingungan untuk menyebut Perfume dan Fragrance sebagai produk jadi dan bahan baku. Pada intinya sebenarnya bisa di jelaskan dengan keterangan sebagai berikut :

      – Aromatic Compound : inilah sebenarnya yang dimaksud dengan Bibit/Biang Parfum. Yaitu gabungan atau campuran 30 – 150 bahan baku aromatik (aromatic chemical, zat kimia yang memiliki aroma/bau) yang membentuk suatu kesatuan aroma yang unik, khas dan menarik. Inilah yang menjadi bahan pemberi aroma pada berbagai produk jadi seperti Parfum Badan, Shampoo, Sabun, Detergent, Softener, dll. Untuk industrial, sering juga disebut dengan FRAGRANCE atau lebih terperinci Fragrance Oil. Aromatic Compound ini di racik oleh seorang ahli yang dinamakan PERFUMER (seperti halnya chef dalam kulinary). Seorang perfumer biasanya bekerja pada sebuah perusahaan produsen/manufacture fragrance oil yang disebut sebagai Fragrance House.

      – Parfum/Fragrance/Perfume : Produk jadi wewangian yang bisa langsung dipakai.

      Parfum/Fragrance/Perfume sendiri biasanya memiliki kandungan sebagai berikut :
      – Aromatic Compound/Fragrance Oil
      – Carrier/Solvent seperti Ethanol/Alkohol, Air
      – Active Ingredient seperti Fixative, dll
      – Bahan lainnya seperti Preservative, Colour, Stabilizer, Solubilizer, dll
      http://pusataroma.blogspot.com/

      Like

  3. Bang kalau mau buat percobaan kecil dan mau membeli bahan bahan diatas, maka sebaiknya beli berapa banyak setiap bahan? Estimasi harganya berapa?
    Karena biasanya kalau di toko kimia nggak tahu ukuran yg bisa dibeli , langaung dikasih ukuran terbesar

    Like

    • sepertinya jika ada toko bahan yang melayani eceran mereka akan melayani skala order kiloan (katakanlah 1 kilo untuk tiap item) seperti wax, petrolatum. untuk oil rata-rata juga per liter. Hanya saja untuk fragrance akan dilayani per ml dengan minimal ada yang 10 ml per item. semua menyesuaikan ketentuan toko yang menjualnya. Estimasi dengan dana sekitar 250.000 sudah bisa dan lebih dari cukup untuk melakukan percobaan kecil.

      Like

    • Di samping sudah tercantumkan beberapa video link youtube dan web cara membuatnya sebagai referensi membuat dengan macam varian nya mas…silakan ditelusuri satu per satu dan semoga membantu…

      Like

  4. mas dab,lali djoengkatan kan pake lanolin kalo ga salah ya bahan nya….boleh tau ga gimana cara nya mengurangi atau menghilangkan bau lanolin yg menyengat? terimakasih

    Like

    • Lali Djoengkatan sudah tidak menggunakan ‘lanolin’ mas, sekarang menggunakan ‘cocoa butter’. Untuk mereduksi aroma ‘lanolin’ bisa dicoba menggunakan karbon aktif. Sifat karbon aktif adalah menyerap bau dan menyerap minyak. Silahkan coba cairkan lanolin dan tuangkan karbon aktif didalamnya (bagus jika karbon aktif dibungkus dengan kain saring). Semoga bisa mereduksi aroma khas lanolin tersebut. Selamat mencoba.

      Like

  5. satu lagi dong, lebih lengket mana lanolin, cocoa butter atau shea butter? soalnya saya mau ngebrew pomade heavy yg lengket, yaa mirip mirip HLH lah

    Like

    • Untuk perbandingan, Intinya adalah perbandingan PADAT vs CAIR jika ingin keras, perbanyak perbandingan PADAT (Wax dan sejenisnya), jika ingin agak lunak bisa perbanyak CAIR nya (Oil,Petrolatum,Lanolin dan sejenisnya)

      Like

  6. Jika tutorial di atas adalah jenis petrol based..lalu jika kita ingin membuat pomade dengan jenis water based,maka bahan petrolnya diganti dengan air??
    Dari semua artikel yg saya baca di internet,hampir tdk pernah menjelaskam rincian bahan dari jenis water based. Dan dari video2 tutorial di youtube yg saya tonton,memang ada yang menjelaskan cara membuat pomade tanpa memakai bahan petrol. Apa itu kira2 yg disebut water based pomade?

    Like

    • cara sederhana untuk mengetahui bahan water base..salah satunya jika ada dana lebih bisa mencoba untuk membeli water base pomade dan akan tertera kandungan komposisi bahan pembuatannya…..water base bisa disederhanakan menjadi suatu material yang basis air..diluar konteks oil…dan memiliki sifat lebih ke sifat air….layaknya air akan membuat nya menjadi mudah untuk dicuci, dibilas tanpa harus kerepotan layaknya kita menggunakan oil base

      Like

  7. Mas mau tanya, fungsi petrolatum dan cocoa butter itu apa? Seberapa pengaruh petrolatum dan cocoa butter dlm pomade? Perbedaan menggunakan dan tidak menggunakan petrolatum dan cocoa butter apa?

    Sorry banyak tanya πŸ˜€ mau merintis homebrew πŸ˜€

    Like

    • kehadiran ‘semi solid’ seperti petrolatum dan butter salah satunya turut menjaga tekstur dari tingkat kekerasan pomade dalam rangka untuk mengeliminasi terjadinya pomade yang hanya sekedar keras saja namun susah dalam pencolekan bahkan sampai tahap aplikasi, dan munculnya flaking (gumpalan menyerpih bahkan kadang bongkah yang susah untuk di aplikasi).Perbedaan akan jelas terasa jika mas sudah benar2 mencoba untuk eksperimentasi dan membandingkannya. Akan jelas terdapat perbedaan yang muncul antara menggunakan atau tidak menggunakan komponen bahan tersebut. Selamat mencoba mas.

      Like

  8. mas bro, mau tanya ni. sy sdh membuat pomade dengan komposisi beeswax, minyak kelapa, minyak zaitun & parfum. hasil yg didapatkan pomade dengan kualitas light & medium hold. ketika sy ingin mendapatkan komposisi hard/firm hold otomatis sy merubah komposisi beeswax lebih banyak dibandingkan yg lain. tetapi setelah bbrp kali experimen selalu mendapatkan pomade yg keras ( ssh diaplikasikan di tangan atau rambut). Apakah ada komposisi yg kurang atau sy hrs menambahkan petrolatum? Terimakasih sebelumnnya πŸ™‚

    Like

  9. mas saya udh banyak mencoba homebrew pomade nih. tpi tetap aja gagal.
    akhrnya saya coba buter kata agan di komen atas.
    hasilnya bagus gan, tpi saya baru nemu komposisi heavy, utk medium, apa lg shine tetap gak dapat mas. yg mana bahan dari buter ato olive oilnya dbanyakin mas.
    mohon pencerahannya. trimakasih mas.

    Like

      • umumnya lengket didapatkan dari kombinasi formula wax dan oil dan semisolid nya berupa petrolatum atau semisolid yang lain (dimana secara garis besar komponen dalam pembuatan nya hanyalah material padat dan cair). kebanyakan lengket bisa menggunakan micro wax.
        Dan varian micro wax tersebut banyak sekali yang beredar di pasaran.

        Like

  10. Jadi maksudnya min,secara arti dan fungsi lanolin,oil,dll cuman buat efek saat di scoopingnya nantii susah atau engga gitu kan?
    Sedangkan kalo beeswax buat tingkat holdnya aja ya?
    Minimal dana untuk percobaan berapa mas?

    Like

    • Lanolin dan beeswax juga berfungsi sebagai emulgator….membantu masing2 bahan untuk tercampur dgn sempurna…tingkat hold, scooping dan kombinasi masing2 bahan sepenuhnya kembali ke komposisi formula masing2….

      Like

      • bisa menggunakan micro wax yang kosmetik grade mas…sepertinya kalo lilin putih bahkan kami juga belum pernah dan belum ada pemikiran untuk membuat minyak rambut menggunakan lilin putih. Mungkin kecuali jika lilin tersebut bahan nya terbuat dari bahan yang high grade atau katakanlah kosmetik grade dan aman untuk digunakan

        Like

    • Tingkat Hold dan Shine sepertinya adalah sebuah relatifitas. Dan kembali kepada masing-masing. Probabilitas acuan yang digunakan sangat ragam. Hold untuk kelas beeswax base, micro wax based, water base. Dan penilaianpun kembali kepada si pemberi nilai (kembali ke karakter rambut masing-masing, seberapa banyak yang digunakan dalam aplikasi, cara menggunakan nya apa kah sudah benar atau belum). Semua poin tersebut juga sangat berpengaruh dalam memberikan hasil akhir sebuah penilaian tentang Hold dan shine.Jadi sangat-sangatlah relatif terhadap acuan apa yang akan dijadikan standar penilaian.

      Like

  11. Bedanya shea butter sma body apa ya?apakah body butter bsa dpakai utk jdi bahan buat pomade?bsa kah mnjadi pengganti petroleum jelly?

    Like

    • Shea, Cacao, Mango Butter merupakan butter (bahan tunggal yang dihasilkan dari bahan baku pembuatan nya, seperti coklat, shea, mangga dll). Jika body butter sudah merupakan campuran dari berbagai bahan dan penamaan butter pada body butter lebih condong menjurus kepada sifat karakternya sebagai butter yang semi padat. kurang lebih seperti itu

      Like

    • Sebenarnya banyak sedikitnya petrolatum kembali kepada masing-masing akan menjadi seperti apa sebuah hasil akhir yang dikehendaki.
      Karena masing-masing komponen dalam sebuah formulasi turut ambil bagian dalam menentukan sebuah hasil akhir.

      Like

  12. Fungsi petroleum jelly disini apa ya? Dan apakah boleh tidak.menggunakan petroleum jelly? Apakah petroleum jely ini merupakan bahan kimia? Mohon jawabannya ya trims.

    Like

    • Petroleum Jelly, Micro Wax, Paraffin Oil dan sejensinya merupakan produk turunan dari hasil pengolahan minyak bumi yang memiliki variasi wujud yang beragam (cair,padat,semisolid) yang kesemuanya masih dalam satu rangkaian produk kimia hidrokarbon.

      Like

    • lilin warung berbahan paraffin wax, dan ragam jenis paraffin wax beragam pula. Sampai detik ini kami tidak pernah membuat pomade menggunakan paraffin wax,Jika mampu menghasilkan sebuah pomade yang baik dengan menggunakan paraffin wax (karena fakta yang ada memang ada juga pomade yang berbahan paraffin wax grade tertentu sebagai bahannya karena memang kompatibel untuk menghasilkan sebuah pomade bagus terlepas wax tersebut adalah wax yang sama dalam pembuatan lilin atau bukan). Untuk sekedar eksperimen pribadi bisa di coba menggunakan lilin warung dan apakah bisa menghasilkan sesuatu hasil karya yang bagus hal itu perlu dicoba secara pribadi.

      Like

    • Bau yang kurang sedap baik yang ditimbulkan oleh aroma alami lilin lebah (jika menggunakan lilin lebah), petrolatum atau aroma dari oil yang kurang berkenan pada indera penciuman kita sebenarnya secara umum cukup teranulir melalui tambahan fragrance pada formulasi pomade yang dibuat. Bisa terjadi karena kurang nya porsi fragrance oil (hitungan rerata antara 1-2 ml untuk setiap kemasan 100 gr pomade sebenarnya sudah cukup untuk menganulir, namun kembali lagi kepada kombinasi komposisi formula yang digunakan sehingga hitungan tadi dapt saja termentahkan). Alternatif lain bisa juga menggunakan butter sebagai pengeliminir aroma -aroma alami yang muncul dari masing-masing bahan.

      Like

  13. Saya sudah coba bikin dengan takaran 28gr beeswax (saya pakai yg refined beeswax biasanya bentuk butiran2), 28gr petroleum jelly, 20ml vco, 1teaspoon essential oil. Masalahnya kenapa tiap pomade sudah mengeras, permukaan pomade dalam kaleng jd mengeras jadi pomade sussah dicolek? Ketika sudah dicolek pun di tangan masih keras susah diratakan.. mohon bantuannya mas

    Like

    • dinamisasi varian lain pomade salah satunya clay pomade. pomade yang menggunakan bahan mineral clay kosmetik grade yang diolah sedemikian rupa sehingga dapat teraplikasi dengan baik pada rambut layaknya pomade pada umumnya namun dengan citarasa khas menyesuaikan karakter bahan tentunya.

      Like

  14. permisi mas mau nanya,, saya juga udah coba beberapa kali percobaan untuk membuat pomade yang hold,, tapi masalahnya kok malah susah di colek dan apabila saya tambahkan oil malam jadi ke medium mas

    Like

    • mas gimana caranya menghilangkan bau pada VCO
      memang pertama baunya itu nggak ada tapi setelah kelamaan pakek itu baunya langsung menyengat dan saya menggunakan bahan VCO saja.
      apa ada tambahan bahan lain untung menghilangkan aromanya tersebut

      Like

      • bisa VCO ditemenin dengan minyak yang lain seperti minyak kemiri, zaitun, castor atau yang lain. Kecenderungan alami VCO jika sudah bereaksi dengan udara (oksidasi) akan muncul bau.

        Like

  15. Gan Tanya nih, and nyoba buat pomade sendiri (konsumsi pribadi) tap hasilnya kurang bagus terutama saat mulai mngeras permukaan jadi sangat keras bahkan susah saat mau di scoop. pemerataannya juga jadi susah Gan. bahan lilin lebah, minyak zaitun, essential oil, dan minyak sayur. udah says banyakin minyak sayurnya hasilnya tetep sama malahan saat diratakan ditangan sangat jelas sekali kandungan minyak sayurnya. mohon penjelasannya gan

    Like

    • Dari tulisan diatas kurang lebih masuknya dalam lingkup ‘natural’ jadi tidak melibatkan bahan ‘kimia’ semacam petrolatum dan segala macam turunannya. Untuk Kasus Natural, layaknya jika kita menghendaki sebuah tekstur yang lebih lembut seperti petrol base karena kehadiran petrolatum yang membantu untuk memperindah tekstur, bisa menggunakan lanolin (lemak domba) dalam formula yang mas pakai. Analogi sederhana Lanolin memiliki kesamaan fungsi secara teknis dengan Petrolatum 9bugan dalam sisi manfaat ya). Berguna untuk mereduksi efek keras pada hasil akhir, dan jika tidak keras pun dapat membantu mengoptimalkan daya campur dalam sebuah formulasi.

      Like

  16. maaf gan saya biasa ambil micro wax di rockadingrat putih dan lengket,suatu ketika saya pernah nitip teman ke jogja beli micro wax,tp kok daptnya putih agak kuning dan tidak lengket,,sebenarnya beda nya apa sih micro wax itu diatas yg saya ceritakan?

    Like

    • sebenarnya banyak sekali ragam dan serial dari microwax, jika dari cerita di atas adalah yang membedakan tingkat viskositas (kurang lebih bahasa sederhananya adalah tingkat kepekatan atau kekentalan) yang berujung pada hasil akhir daya lekat. Yang kuning pun sebenarnya tidak semua melulu tidak lengket, pada jenis ternentu juga memiliki kepekatan yang tidak kalah dengan yang warna putih. (semoga nanti bisa kami ulas mengenai ragam serial micro wax tersebut)

      Like

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.