Cara Membuat Pomade Sendiri (Petrol Base)

lalijungkatan

CARA MEMBUAT POMADE

Sebenarnya membuat POMADE hampir bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak perlu menjadi ahli kecantikan, gak perlu menjadi seorang hair stylist, ahli kimia dan sebagainya,semua lepas dari yang namanya embel-embel jabatan kompetensi (apalagi di jaman sekarang dimana media informasi mudah didapatkan dengan bantuan media internet salah satunya). Dan di internet pun sebenarnya banyak artikel cara membuat pomade (ada beberapa yang penulis sajikan dalam link blog lalijungkatan) bahkan ada juga video tutorialnya yang bisa kita jumpai di Youtube.

Yang diperlukan adalah niat, ketrampilan, tekun melakukan ujicoba. Hanya saja yang akan membedakan adalah sentuhan seni, kreatifitas dan kemampuan melakukan kombinasi komposisi yang pas untuk mendapatkan hasil akhir sebuah pomade yang bagus.

PETROL BASE POMADE

Petrol base pomade, mengapa dikategorikan demikian karena salah satu bahan dasarnya berupa material yang terbuat dari hidrokarbon berupa petroleum jelly/petrolatum salah satunya, cek Wikipedia untuk lebih jelasnya mengenai petroleum jelly.

Karena namanya juga pomade, pasti kurang lebih akan berbentuk padat (beraneka ragam tingkat kepadatannya), dan salah satu komponen yang digunakan untuk membantu membuatnya lebih padatΒ  adalah ‘wax’ atau lilin, bisa lilin lebah alami, lilin yang terbuat dari bahan hidrokarbon juga ada, lilin sawit, lilin kedelai (vegetable wax) dan macam-macam produk lilin sebenarnya yang bisa digunakan untuk membuat nya. (kategori umum bisa dikatakan lilin natural dan non natural kurang lebihnya).

Banyak sedikitnya jumlah lilin inilah yang menjadi ‘salah satu‘ faktor penentu hasil akhir tingkat kekerasan sebuah pomade (hard, medium, soft).

Mengenai campuran lain seperti minyak esensial, minyak aroma atau bahan parfum dan minyak lainnya hanyalah sebuah variasi tambahan untuk mendapatkan hasil pomade yang diinginkan dengan selera si pembuatnya.

Persiapan Pembuatan

Persiapan Alat

– Double Boiler

– Kompor

– Sendok Takar

– Hand Mixer

– Kaleng atau pot krim untuk media hasil akhir pembuatan pomade

Persiapan Bahan

– Lilin/wax

– Minyak Esensial

– Minyak Aroma

– Petrolatum

– Pewarna Lilin (opsional)

Langkah Pembuatan Secara Umum

1. Siapkan Double Boiler dan panaskan di atas kompor

2. Masukkan Lilin ke dalam double boiler hingga mencair/meleleh

3. Jika memang menginginkan pewarna lilin (masukkan dulu pewarna sebelum bahan yang lain) supaya menghasilkan pencampuran warna yang optimal pada lilin. (jika tidak perlu pewarna, lewati langkah ini)

4. Masukka petrolatum (kuantitas sesuai dengan kreatifitas uji coba yang dikehendaki)

4. Kemudian masukkan minyak esensial dan minyak aroma yang diinginkan untuk mendapatkan hasil akhir pomade yang memiliki tingkat kekerasan dan aroma yang telah direncanakan.

5. Aduk beberapa menit sampai merata dengan hand mixer sampai merata semua campuran komposisi.

6. Setelah dirasa tercampur semuanya dan merata, bisa dipindahkan ke pot krim/kaleng atau media apapun yang sekiranya dirasa pas sebagai tempat pendinginan hasil pembuatan pomada tersebut.

7. Tunggu beberapa waktu sampai pomade membeku dengan sendirinya

8. Selesai dan selamat mencoba hasil karya nya.

Umumnya tingkat kekerasan sebuah hasil akhir pomade akan berbanding terbalik dengan tingkat kilau yang dihasilkan, semakin keras pomade, kilau akan kalah dan begitu juga sebaliknya. Jenis lilin yang digunakan dalam pembuatan pomade juga akan mempengaruhi hasil akhir dari sebuah pomade itu sendiri, dari tekstur, kelembutan, tingkat colekan/scoop, tingkat kekerasan dan tingkat kilau. Jadi semacam teori probabilitas disini sangat berlaku untuk mendapatkan sebuah hasil akhir sebuah pomade yang bisa dikatakan pas (pas colekan nya, aromanya, pas hasil aplikasinya di rambut dll).

Penutup

Disini penulis hanya mencoba untuk menjabarkan secara garis besar cara pembuatan pomade yang berbasis petrol, mengapa tidak detail? karena detail akan kembali ke selera masing-masing dan berani melakukan eksperimen dengan melakukan uji presentase komposisi masing-masing bahan pembuat pomade, komposisi antara lilin dengan minyak, lilin jensi apa yang digunakan, minyak apa yang dipakai dan sebagainya.

Salam Klimis #klimiskagemsedanten @lalijungkatan

lalijungky1

 

Advertisements

152 thoughts on “Cara Membuat Pomade Sendiri (Petrol Base)

  1. Pomade saya pake petrol, beeswax, micro, castor, olive tapi knpa yah pencolekannya selalu keras? Saya udah coba pake white beeswax tapi sama aja udah coba pake lanoline juga sama aja. Saya pengen dapet yg sticky lengket tekstur bagus warna natural dari bahan tapi gak dapet dapet. Apa ada bahan lain mas?

    Like

    • menilik dari sisi bahan sepertinya sudah cukup untuk mendapatkan tekstur yang dikehendaki.
      Semuanya hanyalah pada prosentase komposisi masing-masing bahan untuk mendapatkannya.
      Dari ragam bahan tersebut di atas sudah pasti akan sangat banyak sekali probabilitas variasi hasil yang didapatkan, dan jika sebuuah proses adalah sebuah langkah pasti untuk mendapatkan sesuai yang diinginkan, berujung kepada keberanian kita untuk berani gagal mencoba berulang dan berulang.

      Like

  2. gan ane kan ada penelitian untuk skripsi ane, jadi ane buat judul pembuatan pomade, kan ane udah coba kemaren tes dirumah sebelum penelitian dikampus ane, itu gak mengeras kenapa ya gan? ane pakai petrolium. jadi ane butuh banyak bimbingan gan, kalau emang berhasil ane pengen usaha jualan pomade ini. makasih gan

    Like

  3. Mas sya mau buat pomade dengam bahan : microwax, pretellum, minyak kelapa, minyak zaitun. Apakah bahan ini bagus atau ada saran tambahan. Sya ingin textur pomade yv bagus

    Like

  4. Maaf, ini tempat produksinya dimana ya mas?terus kalo saya mau belajar ikut terjun secara langsung untuk tau cara membuat pomade bisa gk?tolong infonya terimakasih #salamklimis

    Like

  5. Mas,sy membuat Pomade yg shine versi sy dan utk konsumsi sy pribadi sy pake petrol 10gr,beeswax 3gr, 5ml vco,5ml olive, 5 ml Castrol,hasil cukup mengkilap.bpertanyaan sy, setelah sy pake selama setengah hari atw menggunakan helm, tingkat kilaunya menurun.pertanyaan sy, bagaimana untuk memperkuat kilau/kilaunya dan supaya kilaunya tersebut tahan lama..Terima kasih

    Like

    • sederhananya, jika tidak ingin berkurang setelah menggunakan hasil karyanya, jangan pake helm dan biarkan apa adanya. Namun semua faktor aktifitas keseharian seperti memakai helm, topi, kena sinar panas atau ruang dingin akan mempengaruhi performa dari hasil aplikasi tadi (dan hal tersebut masih dalam taraf manusiawi)

      Like

  6. Beda cara buat pomade water base dan petrol base itu hanya beda bahan, petrolatum untuk yg petrol base sedangkan yg water gk pakai petrolatum ya ??

    Like

    • Scoop yang pas sesuai pribadi masing-masing, pasti berbeda beda dan sesuai selera.dan parameter ‘pas’ juga relatif akan ‘pas’ seeuai keinginan atau ada acuan lain yang membuatnya bisa dikatakan pas

      Like

    • SOLID-SEMI SOLID-LIQUID
      Jika hanya SOLID dan LIQUID tanpa dijembatani bantuan tambahan material SEMISOLID (petrolatum atau lanolin dan sejenisnya
      Umumnya karakter pomade yang dihasilkan lebih sedikit susah untuk mendapatkan daya pencolekan yang lembut.

      Like

  7. Sy agak bingung dengan tekstur petrolatum nya yg di refensikan itu yg cream atau yang masih oil… dan agak sulit dapetnya petrolatum bisa bantu perjelas tekstur oil atau cream juga bisa didapat dimana… dan jika berkenan tolong kasih kbr ke no hp sy di 08111931111 supaya bisa lebih detail klo bisa konunikasi… thanks

    Like

    • waxy memiliki kecenderungan bermain dengan beeswax natural/alami tanpa menghadirkan material yang berkarakter lengket seperti microwax dan sejenisnya. kombinasi yang pas antara petrolatum dan oil akan mempengaruhi hasil akhir. Jadi harus dicoba menyesuaikan hasil yang dikehendaki

      Like

    • mengingat dalam pembuatan pomade terdapat tidak hanya satu bahan yang digunakan, baik dari segi fase/wujud nya, ada material cair, semi padat dan material padat, makan kombinasi untuk mendapatkan hasil akhir sesuai yang diinginkan (waxy/sticky) kembali kepada formula yang dikehendaki. Kehadiran liquid/oil dalam sebuah hasil akhir yang padat dapat membantu meningkatkan/menurunkan tingkat kekerasan hasil, begitu juga semi padat seperti petrol pun juga bisa selain kitu juga memberikan efek ‘slicky’ atau licin pada pomade.

      Jika memang menghendaki ‘waxy’ merujuk dari istilahnyapun akan lebih baik bermain dalam kombinasi ‘wax’ nya

      Like

    • sederhanakan saja demikian, cukup bedakan porsi wax nya dalam tiap varian sudah cukup mampu untuk membedakan tingkat light, medium dan heavy. Kalo takaran otomatis kembali ke resep atau formula masing-masing. Karena satu hal yang patut diyakini adalah beda tangan akan beda hasil meskipun dalam tingkatan komposisi yang sama.

      Like

  8. Gan saya mau tanya, Micro sama petroleum itu bisa di samakan ? Apa ada bedanya misalkan saya campurkan 250gr beeswax+250gr petroleum sama 250gr beeswax+250gr microwax ?

    Like

  9. Saya sudah coba berulang ulang, dengan bahan, Beeswex, Microwax, Petrol dan Oil. untuk mendapatakan tekstur yang sticky saya tidak pernah mendapatkanya. Apakah ada tambahan pahan lain untuk membuat tekstur sticky… Lanolin / butter misalnya ataukah perlu menggunakan VCO padat? Mohon penjelasannya…

    Like

    • Beeswax, ada banyak beeswax yang beredar (ada yang murni alami dan ada yang beredar dipasaran dalam kondisi tercampur dengan bahan lainnya layaknya lilin batik, ada beeswax putih yang sudah refinasi dan ada juga beeswak yang sudah mengalami esterifikasi seperti PEG-8)
      Micro, ada banyak varian micro yang beredar di pasaran Indonesia dengan ragam tingkat kekentalan yang berbeda- beda (cina, jerman, singapura, usa)
      jadi semua harus dipahami karakter bahan dan kombinasi formulasai dari material yang akan digunakan. bahan penyerta lain hanyalah untuk menambah nilai manfaat saja pada pembuatan sebuah pomade, seperti butter dan sebagainya

      Like

  10. Gan mau tnya,yg buat pomade seperti minyak gemuk/greese/gula tarik pake bahan apa ya,bhan” yg sdh dipakai beeswax,virgin coconut oil,minyak zaitun,pewangi

    Like

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s