Cara Memutihkan Natural Beeswax

lalijungkatan

Sebenarnya kurang pas jika judulnya memutihkan natural beeswax, namun intinya adalah bahwa warna alami beeswax adalah tidak jauh dari warna coklat yang kadang kita temui warna coklat tua, muda, ada yang mendekati ke warna coklat orange. Dan kehadiran warna alami inilah yang kadang sempat membuat para ‘brewer’ kesulitan untuk mencampurnya dengan pewarna. Karena warna akhir berupa padatan pomade  yang dihasilkan kadang tidak bisa memberikan hasil seperti ketika dalam warna wujud cairnya.  Sedikit kasus yang berbeda jika brewing menggunakan microcrystallin wax yang warna aslinya kuning terang seperti keju, atau refined beeswax yang berupa grain/butiran yang sudah berwarna putih karena pemutihan yang dilakukan dengan cara kimia (melibatkan material kimia untuk pemutihan beeswax).

Salah satu cara alami dan memang sedikit memerlukan waktu adalah dengan cara menjadikan beeswax menjadi ukuran kecil-kecil pipih (bisa dengan mengiris nya kecil kecil tipis) dan dijemur di bawah terik matahari untuk beberapa waktu. Dan hal ini tergantung dengan kekuatan sinar matahari karena akan terkoreksi dengan waktu, bisa 2 atau 3 hari ataupun bisa seminggu untuk mendapatkan nya menjadi beeswax yang berwarna lebih terang dari sebelumnya.

Untuk skala besar atau produk massal cara demikian memang kurang efisien, namun  hasil akhir dengan warna yang lebih terang akan lebih memudahkan kita untuk mencampur nya dengan pewarna. Meskipun dalam hal ini aroma alami beeswax seperti madu masih ada.

Mengingat harga natural beeswax merupakan varian wax yang termasuk mahal di kelasnya jika dibandingkan dengan micro wax dan wax turunan minyak bumi lainnya, jika memang keharusan menginginkan natural beeswax yang berwarna putih bersih yang sudah dibersihkan secara kimiawi pasti akan memerlukan biaya tambahan untuk pemrosesan nya, toh jika harus membeli nya pun sudah dipastikan harganya lebih mahal dari harga natural beeswax yang warna nya alami. Sebuah pertimbangan yang perlu dijadikan acuan jika teman-teman brewer ingin bermain dengan natural beeswax, antara pilihan memutihkan secara alami namun ekstra waktu atau harus membeli jadi yang sudah berwarna putih.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat meskipun sebiji sawi saja bagi pembaca sekalian, salam klimis

#klimiskagemsedanten

lalijungky1

Advertisements

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.