GATSBY – STYLING POMADE – SUPREME GREASE

logo-lalijungkatan

Begitu penasarannya dengan pomade ‘mayor label’ besutan GATSBY Indonesia, satu ini yang berlabel SLICKED BACK STYLE – STYLING POMADE – SUPREME GREASE

gatsby-styling-pomade

Akhirnya cukup dengan 25 rebu per pcs dengan kemasan ukuran  80 gram, tanpa pikir panjang karena penulis lihat motto nya begitu menarik perhatian dengan embel-embel ‘Slick Back’ nya, hajar deh 2 pcs dan angkut pulang ke rumah. Sepertinya tidak mau kalah dengan ramenya pasar ‘indie label’ pomade yang marak di Indonesia, pabrikan satu ini ikut andil ambil bagian, dan soal harga pun gak tanggung-tanggung, murah !

Soal kualitas, begitu membuka pertama, luar biasa ! Mengapa ?

#1

Begitu membuka pertama kali sekilas pikiran langsung melayang ke sebuah pomade import waterbase berlabel ‘railcar‘ yang harganya berlipat-lipat dari ‘supreme grease’ satu ini serta kelas kedua varian ini pun berada di ‘medium’ standar juga ketika di aplikasi. Dari visual warna dan aroma yang hampir sama (hanya saja GATSBY satu ini lebih soft dan warna lebih terang sedikit). Feel gue pasti scoop nya gak jauh berasa seperti waterbase itu juga, meskipun terkesan lebih lembut dan lebih light, colekannya amat sangat lembut sekali, terkesan seperti waterbase meskipun dalam kemasan nya juga tertulis ‘Easy to Wash’ Gatsby satu ini tergolong non organik tanpa petrolatum (ada beberapa kandungan kimia semacam antioksidan BHT dan CL26100.

RPOMADEST-2T

#2

Pomade ini tidak menggunakan Beeswax, namun menggunakan ‘Rhus Succedanea Fruit Wax’ yang populer dengan sebutan Japan Wax (seperti bahan bravast pada artikel sebelumnya yang notabene juga made in Japan – Mandom Corporation Japan).  Wax yang dihasilkan dari ‘mesocarp’ atau kurang lebih daging buah dari Succedanea, bisa dikatakan menggunakan ‘fruit wax’ kurang lebihnya untuk GATSBY pomade satu ini.

rhus

inilah kurang lebih si buah Rhus Succedanea

#3

BHT, inilah komposisi kimia yang terkandung dalam si pomade yang berfungsi sebagai antioksidan (kasarnya anti tengik, anti bau) layaknya vitamin E (tocopherol) yang sempat di temui dalam beberapa pomade lokal yang menggunakannya. Anti tengik dari apa? dari lemak tentunya. Lemak apa yang terkandung di dalam pomade ini (kemungkinan dari castor oilnya juga bisa atau dari wax nya sendiri juga tidak menutup kemungkinan). Sebenarnya inovasi wujud sintetis dari vitamin E itulah si BHT ini (Butylated hydroxytoluene) yang merupakan senyawa kimia turunan ‘phenol’ yang digunakan sebagai aditif bahan makanan, kosmetik, farmasi dalam batas tertentu saja tentunya yang fungsinya sebagai anti oksidan. Kalo mau

#4

CL26100, cholestryl nonanoate Red 17, inilah pewarna dari si pomade tersebut kenapa warnanya menjadi merah/red. Sudah pasti prosentase banyak sedikitnya kemungkinan akan berpengaruh pada tingkat warna hasil akhir nya bukan.

#5

Hasil akhir dari aplikasi pomade yang bisa saya katakan medium ini memang gak jauh beda dengan pomade import pembanding yang ditulis di bahasan di atas tadi (hanya versi rambut penulis saja), daya set nya lumayan dan memang cukup lengket untuk bisa menghasilkan ‘slick back’, pas dengan tulisan yang ada di label kemasannya,  disini saya tidak akan mereview dengan memfoto rambut yang sebelahnya saya kasih gambar pomade, toh kalo sebelahnya saya kasih gambar kemasan minyak goreng pembaca juga tidak akan tahu apa benar penulis gunakan minyak goreng *peace (silakan di review sendiri akan lebih baik). penulis hanya bercerita sebatas yang penulis tahu dan mencoba untuk berbagi, itu saja.

So, jadi sebenarnya komposisi dari ‘styling pomade satu ini sederhana, fruit wax, satu macam oil berupa castor oil, pewarna, aroma dan antioksidan, sedikit berbeda dengan komposisi ‘water base’ yang bermacam-macam bahan kimia di dalamnya. Namun hasil akhirnya sangat mendekati dengan kelas ‘water base’ pomade…

Jika ingin mencoba membuat nya, kendala hanya untuk mendapatkan fruit ‘japan wax’ wax nya saja (replacement dengan beeswax pun sepertinya sangat bisa). Kalau soal bahan kimia semoga di bumi pertiwi ini masih mudah didapatkan. Dan semua kembali ke bagaimana mendapatkan porsi yang pas dari tiap bahan untuk mendapatkan pomade yang bagus sesuai selera. Selamat mencoba.

#klimiskagemsedanten

lalijungky1

Advertisements

45 thoughts on “GATSBY – STYLING POMADE – SUPREME GREASE

  1. Gatsby styling pomade beli dimana? Saya cari² ke hypermadiet besar seluruh surabaya ga dapat… yg ada malah gatsby pomade klasik yg warna kuning, yg baunya minta ampun… strong bgt khas baunya opa jaman dulu. Hahaha

    Like

  2. Dear admin

    Selamat malam,

    Perkenalkan, sy adalah orang yang mendevelop GB Styling Pomade, hanya sekedar ingin mengucapkan terimakasih atas review positif dari anda. Kemudian jika ada masukan, ide ataupun kritikan mengenai hairstyling bisa diinformasikan langsung kepada sy karena sy adalah orang yg incharge untuk hairstyling. Sekali lagi sy ucapkan terimakasih dan salam kenal

    Regards,

    Andhika Maharaya

    Like

    • Terimakasi banyak atas feedback nya, sebelumnya mohon maaf yang sebesarnya karena beberapa waktu ini pekerjaan utama begitu padat sehingga sedikit slow respon dalam menanggapi setiap comment yg ada di blog ini.semoga tulisan2 yang ada disini bisa memberikan sedikit manfaat dan mebuka wacana teman-teman semua.

      Like

    • Dear Andhika Maharaya

      Selama Siang,

      Saya mau bertanya, dimakah saya bisa membeli Gatsby Styling Pomade, saya tinggal di Kota Bandung, dan saya sudah mencoba mencarinya di Hampir seluruh minimarket di Kota ini seperti Indom*ret, Alf*mart, & Y*mart tetapi sama saja Hasilnya ‘Nihil’, lalu dimanakah saya bisa mendapatkannya? Apakah proses Developmentnya belum tersebar di Kota ini?

      Terima Kasih

      Regards,

      Dion Nugraha

      Like

      • Di alfa mart belum terlihat produk gatsby ini. Seperti nya baru terlihat di indomaret saja itu pun td tinggal satu. Dan saya nanya dapa kah masih ada stok ny? Mereka menjawab kosong.

        Like

      • kecenderungan produk satu ini sepertinya akan lebih mudah ditemui di swalayan besar ala carrefour dan sejenisnya begitu…..entah kenapa di kelas penjual menengah ke bawah masih rada susah ditemui…atau memang mungkin belum waktunya saja…..mungkin barangkali dari pihak yang berwenang akan lebih bisa menjelaskan dengan gamblang…mengenai hal yang demikian….

        Like

  3. maaf gan ane udah sempet pake ni gatsby 2 wadah . nah pas abis , bingung mau beli dimana . udah muter muter enggak nemu . ke indomaret yang biasanya beli juga katanya udah gak di stok in lagi . gimane nih gan ? salam kenal dari Sleman

    Like

  4. maaf gan mau nambah nih , mau usul . nek misal lali djoengkatan klimis kagem sedanten ini di buat mawon gimana ? saya pesen ndisik dewe wis hehehe

    Like

    • gatsby satu ini masih mempertahankan ranah makna ‘pomade’ dalam kelas oil based (bukan petrolatum base ya..jadi degrease menggunakan gatsby ini pun akan lebih mudah jika dibandingkan dengan petrolatum base karena memang tidak menggunakan petrolatum atau petroleum jelly). Cara menguji nya sederhana cukup colek sedikit dan usapkan pada tangan kemudian tetes sedikit air..dan campurkan..jika tidak terjadi emulsi dan masih ada perpisahan yang jelas antara oil dan air itulah oil based (akan berbeda sekali jika anda ambil water base dan mencoba campur dengan air akan jelas terjadi proses emulsi pencampuran antara keduanya.

      Like

  5. Dear Admin

    Jika di deskripsikan dengan angka dari 1 sampai 5, seberapa kuat ketahanan gatsby ini dan kilau gatsby ini? Cocok kah untuk penggunaan outdoor dan sering menggunakan helm (bikers) maksud saya bisa di tata ulang kah Gatsby Styling Pomade ini?

    Regards

    Like

    • Versi lalijungkatan, ini termasuk medium masih dalam tataran mudah di recomb, untuk aktifitas outdoor cukup untuk batasan outdoor sewajarnya karena daya set gatsby satu ini tidak terlalu ekstrem /heavy jadi lumrah kalo dalam beraktifitas kadang tatanan mulai berantakan. Menggunakan helm…jangan lupa selalu sedia senjata andalan alias sisir…karena tekanan helm akan menekan tatanan rambut anda dengan sedikit merapikan kembali. Satu, semua akan kembali kepada karakter rambut masing2…kaku/lemas, tebal/tipis, kering/berminyak, lurus/ikal/keriting akan memberikan cerita yang berbeda. untuk nilai tingkatan hold bisa lalijungkatan tidak bisa memaparkan banyak tanpa bantuan teman2 sendiri yang mereview..kurang lebih begitu ,semoga saja kurang…dan kita semakin haus mencari dan berdinamika dengan fenomena ini….

      Like

    • Simpel, kalo anda bisa membayangkan agar2 yang biasa kita konsumsi…kurang lebih begitulah gel. gambaran tepung kanji yang mengembang jika kena air…seperti itulah gel..ada semacam bahan berserat/fiber yang mudah mengembang kurang lebih begitulah gel. Akan sangat berbeda sekali jika dibandingkan dengan wax…wax hanya akan mengeras, mencair tanpa menunjukkan efek mengembang yang signifikan.

      Like

    • Memang gak full, sepertinya karena kekentalannya sehingga (sekedar menebak saja) ketika menuangkan membentuk sepoerti ‘cone’ dan ada beberapa bagian yang nempel pada dinding tutupnya. Jadi ketika dibuka terkesan tidak rapih ‘flat’

      Like

    • Masih harus banyak belajar mas, hanya mencoba memaparkan yang terbaik dengan cara masing-masing saja. Karena pembaca berhak tahu dan paham dengan apa yang sebenarnya pembaca gunakan dengan membuka wacana dan menyajikannya sudut pandang yang beragam. Semoga bisa saling melengkapi review dan membawa manfaat.

      Like

    • Rontok pada rambut bisa dipicu oleh banyak hal…..dari cara menggunakan…cara sisiran….terutama pada pomade yang daya set kuat. Bukan dari mana dan merk apa pomade yang digunakan. Karena pada umumnya pomade hanya berkecimpung pada komposisi bahan yang itu-itu saja dan terbedakan dengan kombinasi komposisi bahan, warna dan aroma serta varian (organic, water base, petrol, clay dll)yang esensinya adalah bagaimana hasil aplikasi pomade akan bekerja pada rambut sebagai penunjang gaya rambut. Dan setidaknya ada kalanya beri kesempatan pada rambut untuk bebas dari pomade dan berikan asupan gizi serta perawatan untuk mengimbanginya.

      Like

    • rontok dan tidak kembali pada diri kita sendiri sebagai pengguna yang bijak dan paham mengenai penggunaan, cara memakainya, dan kapan kita memberi kebebasan rambut untuk bebas dari penggunaan pomade dengan memberikan asupan nutrisi sebagai penyeimbang…tidak memandang lokal maupun non lokal….

      Like

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s