Yang Berlebihan Itu Tidak Baik Untuk Rambut

headlalijungkatanBahasan soal ‘rambut’ tak pernah ada habisnya untuk diperbincangkan, pro dan kontra hingga ulasan detail dari sudut pandang  efek negatif hingga sisi positifnya pun tak henti dikumandangkan di media informasi apapun jenisnya demi menyelamatkan nasib mahkota kita yang bernama ‘rambut’

Satu yang dapat diambil benang merah nya diantara ribuan pendapat dan perdebatan yang ada di luaran sana mengenai rambut khususnya, adalah bahwa semua yang berlebihan itu tidak baik . Contoh sederhana dari cara keramas berlebihan, penggunaan produk kecantikan rambut yang berlebihan, ganti-ganti warna rambut atau bleaching berlebihan, keseringan memakai topi (penutup kepala) berlebihan atau bahkan cuek-cuek saja tidak pernah memperdulikan kesehatan rambut dengan berlebihanpun juga tidak akan memberikan imbas yang baik. Banyak sekali contohnya. Dan pada akhirnya semua perlakuan berlebihan pada rambut (terkadang hanya demi sebuah penampilan misalnya dengan menggunakan produk rambut tertentu) akan lebih banyak memberikan efek buruk bagi rambut…entah rambut menjadi rontok, rambut menjadi kering, rambut bercabang, rambut berubah warna, kulit kepala jerawatan, gatal, panas dan sebagainya banyak sekali.

Kemudian harus bagaimana menyikapinya? Salah satunya adalah perlakukanlah rambut kita sesuai porsinya (perlakukan dengan pehaman). Pemahaman dengan banyak cara untuk mencarinya melalui media yang begitu dekat dengan kita dan mudah sekali kita mendapatkan nya sebenarnya. Adakalanya kita memerlukan rambut untuk mendukung tampil gaya dimuka umum, dan ada waktunya kita berikan rambut kesempatan untuk sehat mendapatkan hak nya (sehat, relaksasi, perawatan, penyegaran dan sebagainya).

Rambut memerlukan sebuah keseimbangan supaya tetap sehat, banyak sekali jenis produk untuk rambut yang bisa dengan mudah kita konsumsi untuk digunakan sehari-hari dengan berbagai macam karakter/tipe kandungan dan komposisi nya, tetapi bukan untuk menjadikannya seolah diri kita menutup mata sehingga mengorbankan nasib kesehatan rambut kita demi sebuah produk kecantikan rambut tertentu.

Dengan hadirnya dunia dalam genggaman tangan, membuat kita menjadi lebih bijak, cerdas dalam memperlakukan rambut kita. Perlakuan yang justru membawa ke arah yang lebih baik untuk rambut, bukan untuk merusak masa depan rambut kita.

Tahu saja mungkin tidak cukup, melangkah sedikit ke depan lagi untuk menjadi tidak sekedar tahu saja, tetapi juga masuk dalam tingkatan mengerti. Dengan mengerti kita bisa memutuskan mana yang baik dan mana yang tidak untuk memberikan perlakuan terbaik pada rambut sesuai porsinya.

Segala bentuk wacana yang ada adalah sebenarnya demi kebaikan semata, hanya tersajikan dengan nuansa yang berbeda untuk lebih mudah kita semua untuk memahaminya bukan?

Selanjutnya semua kembali pada diri kita masing-masing untuk melangkah mengambil yang terbaik, dan semoga orang itu adalah pembaca semuanya.

Kurang dan Salah adalah Lalijungkatan. Salam Klimis.

lalijungkatan-blogfooter

Advertisements

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.