Ragam Minyak Zaitun/ Olive Oil

headlalijungkatanMinyak Zaitun atau Olive Oil (Olea europaea), adalah minyak yang diperoleh dari buah zaitun yang berasal dari daerah Mediterania (Timur) ribuan tahun yang lalu . Mengenai detail kajian ilmiah dan asal-usulnya bisa ikuti artikelnya disini

(Gambar dari Tempo.co)

(Gambar dari Berandanews)

Dalam konteks manfaat untuk rambut, beberapa dari banyak sekali manfaat minyak zaitun diantaranya membantu mengkilapkan rambut dengan menutrisi dan memperkuat akar rambut, mencegah terjadinya ketombe, mengurangi terjadinya kerontokan, mempertahankan warna alami rambut dan kelebihan dari minyak zaitun ini adalah tidak ada efek samping yang ditimbulkan ketika menggunakannya.

Dari sekian banyak dari manfaat minyak zaitun, banyak juga ragam minyak zaitun yang kita temui di peredaran dengan beraneka ragam variasi harga jualnya.

(gambar dari Jendela Alam)

#1. Extra Virgin Olive Oil

Inilah tingkatan harga minyak zaitun paling mahal dikelasnya. Merupakan minyak yang dihasilkan pada perasan pertama buah zaitun yang diolah secara organik melalui proses dingin, tanpa melibatkan bahan kimia apapun dan tanpa mengalami proses pemanasan. Ciri dari minyak zaitun ini memiliki warna umum yang kehijauan dan tidak akan mengalami pembekuan jika dimasukkan ke dalam lemari es.

#2. Virgin Olive Oil

Perasan kedua dari Olive oil dalam pengolahan organik dan masih dalam proses dingin ‘cold press‘ dihasilkan Virgin Olive Oil.

#3. Fino Olive Oil

Merupakan Olive Oil yang dihasilkan dari campuran antara Extra Virgin dan Virgin Olive Oil.

#4. Pure Olive Oil

Merupakan Campuran dari Refined (Telah diolah melalui proses kimia) dan Virgin Olive Oil. Dan cocok untuk dalam pencampuran pemanasan dengan suhu tinggi (pomade misalnya, red).

#5. Pomace Olive Oil

Olive Oil yang dihasilkan dari residu (sisa) minyak Zaitun. Grade rendah dan tahan untuk penggunaan suhu panas.

#6. Lite Olive Oil

Kualitas terendah dari Minyak Zaitun, hanya mengandung sedikit minyak Zaitun.

Nah, sekarang pilihan akan dijatuhkan pada minyak Zaitun jenis apa untuk membuat sendiri pelumas rambut anda?  Apakah pertimbangan karena permasalahan harga ataukah kualitas dan segi manfaat? Pembaca lah yang memutuskan. Selamat Berburu Minyak Zaitun pilihan Anda.

#indahnyaberbagi

lalijungkatan-blogfooter

Advertisements

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.