Bertutur itu Sejuta Makna

headlalijungkatanBertutur cerita, membaca dan memahami kemudian menceritakan kembali.

Hal sederhana yang terkadang dengan hadir/hilang nya beberapa makna akan mengurai jutaan makna baru. Memahami hanya sekedar kulit nya dengan memahami dengan sebenar-benarnya paham juga akan membuka cakrawala pemahaman yang sangat berbeda apabila tersadur kembali. Kancah yang masih ‘lumrah’ untuk di toleransi.

Menyikapi segala dinamika yang terjadi dalam lingkup pergerakan dan perkembangan minyak rambut di Indonesia, terutama beberapa hari terakhir karena begitu riuh nya suasana diskusi yang menghangat, membuat lalijungkatan pun ikut antusias dan mencoba menceritakan kembali untuk kembali ke belakang sejenak mengenai riwayat lalijungkatan hadir dalam sebuah blog.

Lalijungkatan berangkat untuk mengurai sedikit pemahaman, memberikan sedikit percikan wacana mengenai fenomena yang bernama ‘pomade’ di Indonesia. Bukan berarti membatasi pembaca untuk bertutur ulang atau bahkan melarang. Blog ini dibuat pada kisaran November 2013 dan penulis hadirkan sebagai ungkapan bahwa dinamika ini layaknya hobi yang selalu tumbuh dan berkembang dengan segala inovasinya dan istilah ‘menarik’ didalamnya selalu hadir untuk mengungkapkan sebuah kreasi.

Jika pun ada pihak-pihak yang menukil tanpa sepengetahuan penulis dan mencoba bertutur ulang dengan sebatas maksimal yang mereka pahami, itu adalah menjadi hak mereka dimana  penulis hanya bisa mengucapkan terimakasih karena telah menyambung kembali rangkaian ilmu sekedarnya yang penulis tuangkan dalam blog ini. Semoga tertutur dengan baik dan ada sebuah pemahaman baru bermakna positif didalamnya.

Berangkat melepas semua keberpihakan dan mencoba netral, sebenar-benarnya berbagi apa yang penulis pahami, meskipun pada akhirnya terkadang ungkapan antusias itu diterjemahkan dengan ragam bahasa dan cara massing-masing.

Lalijungkatan Blog dan Tjap Lali Djoengkatan adalah murni kreasi penulis untuk belajar membuat sebuah hasil karya (untuk nomor CP penulis ada dalam page blog Tjap Lali Djoengkatan), bukan sebagai sebuah manifestasi perlawanan sebagai bahan untuk memicu yang namanya ‘kesalahpahaman’ pembaca sekalian. Sebuah kreasi yang muncul dari rentang pembelajaran semenjak  2013 hingga detik ini lalijungkatan belajar memvisualisasikan dalam sebuah karya  dan menjadi sebuah hasil karya sederhana berupa Tjap Lali Djoengkatan.

Berangkat dengan melawan lupa untuk kembali menikmati apa itu makna nostalgia (sudah barang tentu nostalgia adalah permainan imajinasi untuk kembali ke masa lalu dan penulis kira bukanlah menjadi milik golongan tertentu untuk menikmati nostalgia, sesiapa saja punya hak untuk masuk berimajinasi di dalamnya), sebuah suasana dimana segalanya terkesan jadul atau lawas, yang ada hanya sederhana. Meskipun pada akhirnya makna tersebut menjadi terurai tercerai berai dengan segala batasan kemampuan memaknai menjadi sebuah makna-makna kecil yang terkadang menjadi makna baru dan beda arti bahkan berujung SARA.

Jika pada akhirnya beberapa waktu ini lalijungkatan dan tjap lali djoengkatan tiba-tiba saja terseret dalam sebuah persepsi yang berbeda, menjadi klaim pihak tertentu dan ikut terbawa dalam dinamika bersitegang dalam sebuah forum diskusi tertentu dan turut andil dalam sebuah keberpihakan kelompok tertentu, hal tersebut sangatlah melenceng jauh dari niatan awal penulis untuk berbagi. Penulis tidak bisa dan belum mampu untuk selalu memonitor pergerakan mengawasi cara mereka berantusias terhadap Tjap lali Djoengkatan dengan maraknya media sosial yang sangatlah beragam jenisnya. Karena ini semua sebatas lampiasan hobi dan ketertarikan penulis diluar kesibukan (pekerjaan) utama penulis untuk berbagi dan membuat Tjap lali Djoengkatan.

Berangkat dari blog inilah penulis hadirkan Tjap Lali Djoengkatan, berangkat dengan penuh kebebasan menulis, berkreasi, dalam batasan norma dan etika, tanpa membawa, memaksakan, ataupun bahkan melibatkan orang, golongan tertentu untuk mencoba mengawali berbagi.

Untuk semua pemerhati lalijungkatan dan Tjap Lali Djoengkatan, jika saja penuh tanda tanya dalam benak untuk bertanya selama kurun waktu blog ini hadir disertai hadirnya Tjap Lali Djoengkatan, ada yang mengganjal, ada kesalahpahaman dan mencoba mengklarifikasi relatifitas kebenaran, bisa langsung menghubungi penulis,  silahkan hubungi  di WA 0822 2003 7002 / 73ccdcb4.

Sebuah tulisan pagi bercampur rasa ngantuk untuk meletakkan kembali semuanya pada semestinya, salah dan khilaf adalaha Lali Jungkatan.  Salam,

lalijungkatan-blogfooter

Advertisements

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s