Formula Water Base Pomade

lalijungkatan

Beberapa formula yang tercantum (kirim ulang) berikut adalah hanya beberapa dari beragam variasi kombinasi ribuan formula dalam pembuatan ‘water Based’ Pomade.

Googling, seolah menjadi sebuah rutinitas dalam menemukan ragam jawaban ketika dalam benak ini mulai penuh tanya untuk tahu lebih tentang sesuatu. Komposisi Water Base pomade salah satunya.

Banyak sekali pertanyaan, permintaan mengenai resep Water Base. Toh sebenarnya jika diri kita sedikit saja lebih intens dalam menyelami dunia maya, jawaban tersebut mudah-mudahan akan selalu ada.

Contoh formulasi dari sebuah forum diskusi mengenai pembuatan nya, diantaranya :

formula1

Gambaran garis besar formulasi, mengenai detail tahapan dan proses pengolahannya kembali pada masing-masing untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, kuncinya adalah berani mencoba, berani gagal dan tetaplah berusaha.

formula2

Layaknya sebuah probabilitas, bahwasanya kombinasi komposisi dalam pembuatan pomade berbahan dasar air (bahan penyususn dominan) sangatlah beragam. Kembali kepada si pembuat dalam berinovasi kombinasi komposisi.

formula3

Untuk bahasan selanjutnya mengenai definisi masing-masing bahan, semoga saja bisa terjabarkan dalam artikel tersendiri berikutnya. Β Disini hanyalah mencoba untuk berbagi sedikit dari sekian banyak formula pomade berbahan dasar air ‘water base pomade

formula4

Untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut, umumnya di Indonesia tersedia di toko/supplier bahan kimia. Dan hampir sebagian besar bahkan semuanya mudah didapatkan di Indonesia tanpa harus import sendiri.

Bagi yang mau mencoba untuk memulai bermain air, referensi sederhana tersebut dapat digunakan untuk memulai. Tidak menutup kemungkinan untuk melakukan bongkar pasang komposisi, perubahan prosentase dan kombinasi sangat bisa dan mungkin untuk dilakukan dalam pembuatan nya.

Selamat mencoba dan indahnya berbagi, salam klimis

#klimiskagemsedanten

cropped-cropped-lalijungkatanblogheader-21.png

Advertisements

41 thoughts on “Formula Water Base Pomade

  1. Saya ingin buat ambil bahan mentah untuk pomade dari tuan..bagaimana saya mahu ambil bahan2 untuk bancuh sendiri pomade waterbased.

    Like

  2. Apa ya nama Salah satu bahan di atas yang menentukan tingkat kekerasan ?
    Apakah PEG 8 beeswax itu sama kaya beeswax biasa pada umumnya atau beda?
    Makasih…

    Like

    • ‘Beeswax pada umumnya’ menurut mas ivan mungkin bisa dikatakan beeswak yang diperoleh langsung dari sarang lebah hanya dalam mendapatkannya cukup melalui proses penyaringan dengan mekanisme pemanasan saja tanpa adanya penambahan material kimia (beeswax alami)

      PEG-8 beeswax secara sederhana dapat diartikan sebagai wax yang diperoleh dari hasil ubahan melalui proses kimia (esterifikasi) dari beeswax (cera alba)itu sendiri.

      kurang lebih seperti itu

      Like

  3. Apa perbedaannya antara pemakaian ceteareth 20 dgn pemakaian ceteareth 25 pada hasil pomade yg dibuat..?
    apa bisa digantikan pemakaian ceteareth 25 dgn pemakaian ceteareth 20 atau sebaliknya..?
    trims..

    Like

    • cetearterth 20 bisa saja diganti dengan ceteareth 25, kembali pada konsep awal ketika akan membuat water based. Ceteareth 20 tidak akan mampu menghasilkan materi yang bening (opague dan gelap padat) berbeda dengan karakter ceteareth 25 yang lebih cenderung gel dan bisa untuk didapatkan hasil akhir yang bening. kurang lebihnya seperti itu. semoga bermanfaat

      Like

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.