Safety Razor Alat Cukur Jadul Tempo Dulu

Bukan tidak mungkin bahwa setengah abad silam penampakan alat cukur semacam ini sudah hadir mewarnai hari-hari para kaum yang butuh rapih, terutama kumis, jambang atau jenggot nya.

Safety razor, safety karena mata pisau cukur ditempatkan pada tatakan tersendiri yang pas dan sedikit meminimalisir bagian kulit wajah kita supaya tidak tergores jika menggunakannya benar.

Entah akan dihias dalam bentuk apapun variasi hiasan pada muka wadah alat cukur ini, secara garis besar tipikal kemasan dan kompartemen-kompartemen didalamnya kurang lebih sama. Hanya akan kita temui dipasaran ada sedikit perbedaan pada corak motif hiasan nya, tipe gagangnya, dan ukir-ukiran pada tangainya, dan terkadang pada topi wadah mata pisau yang ada kita jumpai embos brand khas Shanghai ini.

Masa itu, dibawah sadar masyarakat kita sadar betul bahwa pernak-pernik buatan RRT memang sedari dulu sudah mewarnai pemenuhan kebutuhan kita, katakanlah seperti kancing baju, peniti, paku payung mini, sisir, staples dan perkakas lainnya pun telah hadir membumi di Negeri kita. Termasuk pula alat cukur yang satu ini.

Kembali lagi, menilik dari sisi nostalgia, tidaklah bisa dipungkiri bahwa safety razor ini memang juara dikelasnya, dari segi akses untuk mendapatkannya juga tidak terlalu sulit, dahulu banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional, toko kelontong pinggir jalan layaknya kebutuhan sehari -hari yang mudah sekali kita dapatkan.

Namun jaman terus berkembang, dan inovasi kreatif pasti akan selalu mewarnai dinamika ragam produk semacam ini, namun jangan risau bahwa hingga hari ini pun masih banyak beredar dimana-mana produk legendaris semacam ini, walaupun ada pergesaran secara tempat untuk mendapatkanna seperti di marketplace, toko online.

Lanjut, menilik dari safety razor satu ini, kebetulan tangkai dan seluruh bagian alat nya berbahan metal logam (tidak ada material plastik), hanya saja dalam paket pembelian nya jangan berharap kita akan mendapatkan mata pisau sebiji pun. Bukan masalah besar karena dengan harga yang murah masih pantas untuk ditebus alat cukur ini walaupun tanpa bonus mata pisau didalamnya.

Begitu kita buka pertama kali seperti apa didalamnya, ada sebuah ruas buku yang berfungsi sebagai tempat menyematkan cermin sederhana yang bisa sedikit membantu ketika kita menggunakan alat ini untuk bercukur tanpa harus repot mencari cermin.

Baru setelah kita buka ruas buku bingkai cermin, seperangkat alat cukur ini tersematkan dalam kondisi terpisah baik tangkai maupun rumah untuk mata pisau nya. Karena di antar adua komponen ini terdapat sekrup ‘screw’ untuk menyambung diantara keduanya setelah mata pisau terpasang.

Dan seperti inilah satu dari bermacam bentuk visual dari alat cukur ini, cukup menghibur dengan sedikit hiasan gambar yang dapat berubah-ubah diatas box nya yang berbahan metal logam plat tipis berwarna ala-ala tembaga ini.

Mendapatkannya silahkan ke marketplace sesuai selera masih tersedia, dikoleksi pun pantas karena jika ditelisik secara detil meskipun secara garis besar bentuknya sama, ternyata ada perbedaan-perbedaan tertentu yang unik didalamnya, jika suka mengkoleksi. Tidak dikoleksipun 100% alat ini bisa digunakan dan fungsional mencukupi pemenuhan kebutuhan sesuai manfaatnya. Jadi selamat mencoba, selamat menikmati dan juma lagi segera pada tulisan-tulisan sederhana berikutnya. Salam klimis.

#klimiskagemsedanten

Cantumkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.